perguliran pandansari

>Perguliran di BKM Pandansari Mulia Sejahtera sudah mulai diserahkan kepada masing-masing KSM ekonomi pada tanggal 26 Desember 2008 kemarin. Perguliran tersebut diserahkan kepada 13 KSM dengan jenis bidang usaha yang bervariasi. Perguliran pada tahap ini menyerap dana sebesar Rp. 37.750.000,- yang langsung diterimakan kepada masing-masing KSM. Dilihat dari letak desa Pandansari yang mempunyai pasar, harapannya dari masing-masing KSM yang menerima dana perguliran tersebut dapat terbantu dalam masalah permodalan. Besarnya jumlah pinjaman dari masing-masing KSM juga disesuaikan dengan bidang usaha yang dimiliki, jadi besarnya bervariasi.

Melihat proses verifikasi yang dilaksanakan oleh UPK dan BKM Pandansari Mulia Sejahtera ada hal yang cukup menarik untuk kita jadikan sebagai wacana dalam kegiatan perguliran. BKM melakukan verifikasi kepada para calon penerima dana perguliran yang tercantum dalam daftar PS, dari daftar tersebut melalui proposal yang diajukan BKM dan UPK mengklasifikasikannya ke dalam tiga kelompok kriteria. Kelompok A yaitu kelompok yang mempunyai usaha yang sudah berjalan dan diperkirakan mampu, kelompok B merupakan orang yang masuk dalam daftar PS dan sudah mempunyai usaha tetapi masih di bawah kelompok A, sedangkan kelompok C yaitu kelompok yang masuk dalam daftar PS tetapi usahanya relatih masih kecil.

Dari orang yang mengajukan proposal kemudian masuk dalam daftar calon penerima dana perguliran, untuk memudahkan proses seleksi siapa-siapa saja yang akan menerima dana tersebut UPK dan BKM menggunakan kriteria yang telah dibuat. Selain menggunakan kriteria tersebut UPK dan BKM secara langsung juga melakukan cross check di lapangan dengan berkoordinasi dengan perangkat maupun ketua RT dimana orang tersebut berdomisili. Cross check yang dilakukan tersebut meliputi apakah benar orang tersebut mempunyai usaha juga termasuk dari perilaku orang tersebut apakah termasuk orang yang bertanggungjawab atau tidak dalam hal ini berkaitan dengan proses pengembalian hutangnya nanti. Setelah melakukan verifikasi tersebut dilanjutkan dengan penyusunan daftar orang yang nantinya akan mendapatkan dana perguliran. Yang cukup menarik dalam hal ini, penentuan daftar tersebut juga melibatkan orang yang mengajukan proposal perguliran dan perangkat desa maupun ketua RT. Teknisnya orang-orang yang terdaftra diundang dibalai desa dan BKM serta UPK memfasilitasi penentuan siapa-siapa yang masuk dalam daftar perguliran. Penentuan daftar yang partisipatif ini terbukti dapat mempermudah dalam proses penentuan, sehingga masing-masing orang saling memahami dan dapat menghormati keputusannya. Harapannya kedepan proses perguliran dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tentunya hal ini tidak dapat berjalan tanpa dukungan semua pihak yaitu aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok peduli BKM maupun kelompok swadaya masyarakat terutama sekali wrga miskin yang mau merubah nasibnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s